Siapa sih yang pantas mendaki gunung ?

Judul  di atas merupakan pertanyaan yang masih menjadi abstrak dikehidupan para anak muda sekarang. baiklah sedikit saya akan menceritakan apa yang selama ini saya pikirkan. 

Mendaki gunung adalah olahraga yang akhir - akhir ini menjadi olahraga sering diminati, tentu saja gunung menyimpan keindahannya dipuncaknya. berbagai macam yang memiliki keindahannya selain dipuncaknya contoh seperti ada danau di tengah perjalanannya, ada juga padang adelweiss, kita dapat melihat negeri diatas awan, ada juga keindahan kawah bekas letusan gunung, dan yang tak kalah lagi kita dapat meilhat matahari terbit dan terbenam sejauh mata kita memandang.

mungkin itulah menjadi faktor kenapa pendaki gunung menjamur akhir - akhir ini. tak hanya itu para pendaki itu mungkin punya tujuan lain selain melihat keindahan alam Indonesia contohnya aksi bersih gunung yang sering dilakukan oleh pencinta alam.

Setiap orang punya hak dalam menyalurkan hobinya, tapi apakah dalam menyalurkan hobi tidak dipikirkan secara matang ? tentu harus dipikirkan kawan, apapun itu kita harus pikirkan secara matang seperti materi, alat pendukung, mental serta ilmu.

dalam kasus ini saya mencoba membahas para pendaki - pandaki gunung yang menjadi korban film, iya mereka yang tidak mentaati peraturan -peraturan dasar sebagai seorang pendaki. sewajarnya ketika kita mempunyai niat menjadi seorang petualang maka kita sebaiknya mempunyai persiapan yang tidak instan. saya sering melihat anak muda dalam mendaki gunung yang tidak memenuhi standar pendakian hal itu menjadi pertanyaan bagi saya "apakah mereka tidak sayang pada nyawa mereka?". bahkan sering terjadi kasus orang hilang bahkan meninggal di gunung akibat perbuatan mereka yaitu tidak safety.

beberapa contoh kasus ini yang sering saya temukan dan mungkin menjadi hal yang tidak kita contoh dalam mendaki gunung.
- Memakai sendal jepit
- tidak membawa alat penerangan
- tidak membawa matras
- tidak membawa cukup makanan
- memakai celana levis atau jeans
- tidak membawa tenda
- tidak membawa jaket
- dll

dan ini hal paling dasar yang wajib kamu persiapkan dalam mendaki gunung.

image eiger

- Tenda
- tas Carrier
- Jaket tebal
- Kantong Tidur
- Sepatu tracking
- alat penerangan
- Pisau dan Korek
- pakain ganti
- pakain perjalanan
- logistik makanan
- dll

agar lebih lengkap kamu mesti baca materi diktat manajemen perjalanan :



"Ingat kawan, jangan hanya nafsu dalam keinginan mendaki gunung sebanyak mungkin, lengkapilah peralatan serta ilmu dalam mendaki gunung, karena kedua hal itu lah yang menyelamatkanmu sampai pulang nanti"

Terima Kasih

No comments

Powered by Blogger.