Manajemen Perjalanan Pendakian part I

  • Perencanaan Perjalanan.
Kunci sukses perencanaan perjalanan adalah memulai perencanaan sedini mungkin. Buatlah semacam Time Schedule dalam bentuk tabel agar seluruh rencana dapat bejalan sesuai target waktu yang diinginkan.

  • Pemilihan Lokasi.
Pemilihan lokasi adalah hal yang paling utama dilakukan dalam pendakian. Karena apabila tidak ada tujuan tempat maka selanjutnya akan sulit menentukan apa saja yang harus dijalankan.

  • Pengumpulan Data dan Studi Pustaka.
Setelah mengetahui tujuan hal-hal yang perlu diketahui adalah :
- Peta, dengan adanya peta kita akan bisa menentukan lamanya perjalanan terkait pada logistik, perlengkapan dan keuangan.
- Keadaan daerah yang dituju, seperti kebudayaan, adat istiadat, perizinan harus kita pahami untuk memudahkan perjalanan dan adaptasi terhadap masyarakat setempat.
- Transportasi, kita harus mengetahui jalur transportasi berikut jalan alternatif untuk sampai tujuan sesuai target.

  • Latihan Fisik
Jogging merupakan latihan fisik yang cocok sebelum melakukan pendakian. Jika kita tidak mengetahui pasti latihan yang cocok maka konsultasikan dengan ahli olahraga.

  • Kenali Bahaya Setempat
Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak kita inginkan, buatlah catatan mengenai kemungkinan bahaya yang akan terjadi selama perjalan berikut cara menanganinya dari hal yang paling tidak mungkin terjadi, hal kecil yang mungkin terjadi sampai hal besar yang mungkin akan terjadi selama perjalanan. Hal ini akan mempermudah kita mengatasi ketika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

No comments

Powered by Blogger.