Pengertian Enterprise Resource Planning ( ERP )



a). Secara garis besar, sistem ERP bisa digambarkan sebagai perkakas manajemen yang menyeimbangkan persediaan dan permintaan perusahaan secara menyeluruh, berkemampuan untuk menghubungkan pelanggan dan supplier dalam satu kesatuan rantai ketersediaan, mengadopsi proses-proses bisnis yang telah terbukti dalam pengambilan keputusan, dan mengintegrasikan seluruh bagian fungsional perusahaan; sales, marketing, manufacturing, operations, logistics, purchasing, finance, new product development, dan human resources. Sehingga bisnis dapat berjalan dengan tingkat pelayanan pelanggan dan produktifitas yang tinggi, biaya dan inventory yang lebih rendah, dan menyediakan dasar untuk e-commerce yang efektif.

b). Dari semua pengembangan teknologi sistem informasi dewasa ini, satu sistem informasi yang didesain untuk mendukung keseluruhan unit fungsional dari perusahaan adalah Enterprise Resource Planning atau ERP. Aplikasi ERP adalah suatu paket piranti lunak (software) yang dapat memenuhi kebutuhan suatu perusahaan dalam mengintegrasikan keseluruhan aktivitasnya, dari sudut pandang proses bisnis di dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sistem ERP adalah salah satu sistem informasi yang tercanggih yang bisa didapatkan pada awal abad 21 ini.

c). Untuk dapat mengadopsi teknologi sistem ERP, suatu perusahaan tidak jarang harus menyediakan dana dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Dana sebesar itu harus disediakan untuk investasi paket software aplikasi ERP, hardware berupa server dan desktop, database dan operating sistem software, high performance network, hingga biaya konsultasi untuk implementasi. Meskipun dihalangi oleh biaya investasi yang besar, banyak perusahaan di dunia dan tidak terkecuali di Indonesia seperti berlomba-lomba untuk mengadopsi sistem informasi ini. Hal ini karena paket software aplikasi ERPyang diimplementasikan secara baik akan menghasilkan ”return” terhadap investasi yang layak dan dalam waktu cepat.

d). Karena sistem ERPmenangani seluruh aktivitas dalam organisasi, membawa budaya kerja baru dan integrasi dalam organisasi. mengambil alih tugas rutin dari personel dari tingkat operator hingga manajer fungsional, sehingga memberikan kesempatan kepada sumber daya manusia perusahaan untuk berkonsentrasi dalam penanganan masalah yang kritis dan berdampak jangka panjang. Sistem ERP juga membawa dampak penghematan biaya (cost efficiency) yang signifikan dengan adanya integrasi dan monitoring yang berkelanjutan terhadap performance organisasi.

e). Enterprise Resource Planning (ERP) dapat didefinisikan sebagai aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mengolah dan memanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi dan menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan konsumen yang real-time dan terintegrasi.

f).  Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

g). Enterprise Resource Planning (ERP) adalah istilah industri untuk aplikasi perangkat lunak multi modul yang dipergunakan industri manufaktur maupun lainnya untuk menjalankan bagian penting dari bisnis, termasuk perencanaan produksi, pembelian komponen, manajemen persediaan, interaksi dengan pemasok, menyediakan pelayanan konsumen, pencarian pesanan; juga dapat melibatkan modul aplikasi di bidang keuangan dan sumber daya manusia. Beberapa brand ERP yang populer di Indonesia adalah SAP dan Oracle - JD Edwards.

h). ERP  (Enterprise Resources Planning ) merupakan perangkat lunak  yang berfungsi  untuk menangani  manajemen  produksi  dalam perusahaan . Deloitte  dan  Touche  ( Heizer dan Render , 2001   ,hal 292) mendefinisikan  ERP  sebagai ”paket  sistem perangkat  lunak  bisnis  yang memungkingkan perusahaan –perusahaan  untuk  :  (1) mengotomasikan   dan  mengintegrasikan  kebanyakan proses  bisnis  mereka. (2)  berbagi   data  yang umum  dan  praktis  dalam  keseluruhan  perusahaan, dan (3)  menghasilkan  dan mengakses  informasi  didalam  lingkungan  waktu- nyata  (real time)”  .  Perangkat  lunak  ini  menyediakan  fasilitas  yang  berhubungan  dengan  seluruh  bisnis  dalam  perusahaan , dari  pengevaluasian  pemasok hingga  penagihan faktur.

13 comments

Unknown said...

nah Acumatica Indonesia merupakan salah satu software erp di indonesia yang bisa Anda andalkan

Dinamika Informatika said...

Terima kasih ilmunya. Salam kenal. Silahkan mampir ke website kami Software WMS

Widya Nur Rizki said...

saya sangat setuju dengan isi artikel ini terutatama point pengertian enterprise resource planning
sangat menambah wawasan

Angel said...

Terimakasih. Penjelasannya sangat lengkap dan on point. Memang software produksi
ERP sangat membantu dalam aktivitas bisnis. Benar-benar postingan yang menarik!

Anonymous said...

Terimakasih infonya, saya jadi lebih mengerti kalau ERP ternyata sangat penting bagi perusahaan

Lukman said...

Terima kasih atas penjelasan yang sangat mudah saya pahami. Kita dapat mengelola perusahaan dengan baik menggunakan Sistem ERP

hadot said...

wah keren min penjelasan tentang software ERP nya, makasih atas sharing artikel bermanfaatnya min. saya jadi tau tentang software ERP

Anonymous said...

Informasi lain terkait tentang ERP dapat dilihat pada: https://idmetafora.com/id

LailaHM said...

Penjelasannya sangat menarik. ERP Software akan membantu perusahaan untuk mengurus banyak kepentingan perusahaan.

jasa web purworejo said...

Giandrasoft Merupakan sebuah solusi dalam mendigitalisasi bisnis Anda yang sedang bingung mencari jasa membuat website yang profesional dan berkualitas dengan biaya & harga yang terjangkau serta memiliki support pengelolaan penuh tanpa menguras anggaran bisnisnya. Kami memiliki tim yang terdiri dari web programmer, web designer, dan web developer profesional yang selalu siap untuk melayani kebutuhan Anda. GIANDRASOFT melayani jasa pembuatan website, jasa pembuatan sistem informasi, jasa desain website, dan jasa desain ulang jasa web company profile perusahaan [url]https://www.giandrasoft.com [/url] visit [url]https://giandrasoft.com [/url]://

Serbaday.co said...

Software ERP hadir sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan bisnis dengan Modul Software ERP dan integrasi dari berbagai modul lainnya.

Software ERP Indonesia said...

thank you

Jasa Pembuatan Website said...

Thanks youu

Powered by Blogger.